Rusia Perkenalkan Mig-35 Jet Tempur Baru


Satu dekade sesudah terbang perdana, Kremlin pada akhirnya dengan cara resmi membuka pesawat Jet Tempur barunya, MiG-35. Pada Jumat 27 Januari lantas, armada itu dikenalkan dalam satu upacara di Lukhovitsy, Moskow.
Rangkaian uji terbang unit itu bakal diawali oleh Angkatan Hawa (AU) Rusia pada bln. Januari ini, sekian menurut Wakil Perdana Menteri, Dmitry Rogozin.
Diambil dari Daily Mail pada Sabtu 28 Januari 2017, pesawat bermesin ganda itu di buat oleh pabrikan Mikoyan. Unit itu di buat untuk menukar MiG-29 yang terlebih dulu jadi tulang punggung AU Rusia mulai sejak 1980-an.
Rusia telah pesan 37 pesawat MiG-35 dengan cost sekitaran US$ 1, 1 miliar. Akan tetapi, pesawat tempur kursi tunggal ini tidaklah terlalu kasat radar dibanding punya AS.
Sebagai perbandingan, AU Amerika Serikat merencanakan beli kian lebih 1. 700 pesawat F-35 Joint Strike Fighter, yang setara dengan MiG-35 itu.
Pesawat MiG-35 disangka akan tidak banyak digunakan diluar Rusia.

Selama ini, Mesir yaitu hanya satu yang tunjukkan ketertarikan pada pesawat itu. Pada 2015 pemerintah negara itu sudah di tandatangani kontrak sejumlah US$ 2 miliar untuk pesan 50 pesawat.
Disamping itu, Mikoyan beritanya mengharapkan dapat jual jet itu ke India. Meski sekian petinggi pertahanan India sudah pilih Dassault Rafale buatan Prancis.
Pesawat tempur anyar itu cukup murah perawatannya, serta diberitakan begitu lincah seperti pendahulunya, MiG-29 — yang dikira satu diantara yang paling baik didunia.


Tagged with: 

Category: Berita

No responses yet.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>