Pria Didenda Rp 54,7 Juta karena Beri “Like” di Facebook


Pengadilan di Swiss menjatuhkan hukuman denda pada seseorang pria dikarenakan berikan sinyal ” Like ” di satu komentar bernada penghinaan di Facebook.

Tidak tanggung-tanggung, denda yang ditetapkan pengadilan sebesar 4000 francs Swiss (US$ 4. 104 atau setara Rp 54, 7 juta).

Menurut pernyataan pengadilan distrik Zurich, terdakwa berumur 45 th. itu menuding aktivis pembela hak-hak hewan, Erwin Kessler, jadi orang yang rasis. Tuduhan itu tidak disampaikannya dengan segera, tetapi berbentuk memberi Like pada komentar-komentar orang lain.

Mengutip The Guardian, Selasa (6/6/2017), komentar yang disebut diupload pada 2015 dalam satu diskusi di satu group Facebook tentang group kesejahteraan hewan mana yang diizinkan ikuti festival vegan.

Tidak terima dengan komentar-komentar yang menjelekkan dianya, Kessler lalu menuntut cukup beberapa orang, sekian di sampaikan satu diantara pengacara terdakwa, Amr Abdelaziz.

Sebagian orang juga dapat dibuktikan bersalah karna komentar yang ditulisnya. Tetapi, lain perihal dengan pria 45 th. yang ” cuma ” memberi sinyal Like pada suatu komentar. Dapat disebut, ini masalah hukum awal di Swiss yang berlangsung dikarenakan satu tombol Like.

Pengadilan juga mengambil keputusan, walau tidak berkomentar segera, sinyal Like yang didapatkan terdakwa terang mensupport komentar bernada mengejek itu. Diluar itu hakim memiliki pendapat, dengan suka pada komentar, terdakwa dikira sudah menebarkan komentar ke daftar kontak Facebook-nya. Begitu, komentar-komentar mengejek itu dapat dibuka banyaknya orang.

” Aksi itu dikira adalah satu penghinaan pada kehormatan Kessler, ” demikian kata hakim pengadilan Zurich.

Disamping itu, pengacara terdakwa Amr Abdelaziz menyampaikan, bila pengadilan mengadili orang karna berikan sinyal Like di Facebook, hal tersebut terang adalah kendala untuk kebebasan berekspresi di Swiss.


Category: Berita

No responses yet.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>