Kesepakatan Pajak Antara Google Dan Indonesia


Perusahaan raksasa penyedia service internet asal Amerika Serikat (AS) Google tidaklah hanya satu perusahaan yang terlilit masalah pajak di Indonesia. Facebook juga alami hal yang sama. Tetapi perusahaan yang didirikan oleh Mark Zuckerberg tak demikian disorot seperti masalah pajak Google.

Masalah Yang dihadapi Oleh Google serta Facebook
Menurut Kepala Kantor Lokasi Pajak Spesial Muhammad Haniv, pejabat Facebook mempunyai hasrat untuk datang ke Indonesia merampungkan masalah pajaknya. “Modusnya sama juga dengan Google, cuma saja kami tak ajukan Bukti Permulaan pada Facebook, ” tutur Haniv di Kantor Pusat Ditjen Pajak, Jakarta, Selasa (20/12/2016). Ditjen Pajak lihat usaha itu cermin dari ada kemauan baik Facebook untuk membayar pajak atas keuntungan yang meraka bisa di Indonesia. Apabila dikomparasi, masalah pajak ke-2 perusahaan asal AS itu memanglah sama yakni keduanya sama tak membayar pajak sesuai sama bisnisnya di Indonesia.

Google Menampik Membayar Pajak Di Indonesia
Tetapi sikap ke-2 jadi pembeda. Mulai sejak awal, Google demikian ngotot serta tidak ingin melunak berkaitan utang-utang pajaknya di Indonesia. Perusahaan raksasa internet AS itu juga kembalikan surat kontrol atas pajak-pajaknya. Ditjen Pajak menilainya sikap Google itu sebagai bukti penolakan pada kontrol pajak. Bahkan juga sesudah diberikan peluang untuk mencari “angka damai” lewat tax settlement, Google tetaplah tidak ingin melunak.

Ditjen Pajak lalu memberi peringatan pada perusahaan raksasa internet asal Amerika Serikat (AS) itu. Kontrol pajak Google bakal dilanjutkan dengan bagian bukti permulaan yang bermakna ada tanda-tanda pidana. “Tahun depan bukanlah settlement (penghitungan pajak) lagi. Settlement aku tutup. Itu omongan aku. Kami mesti kencang. Aku minta Google th. depan berikanlah datanya (keuangan), aku kalkulasi pajaknya, serta ingat konsekwensinya denda 150 %, ” lanjut Haniv.


Tagged with: ,

Category: Berita

No responses yet.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>